Software Portal Parkir

Boutique Software Programming Corp.(B.S.P.) : 2003

Jl. Ahmad Yani Km.39, Sekumpul Martapura, Kalimantan Selatan – Indonesia
Phone             : 0511 – 7514143
Hand Phone : 0812 51386016
Hand Phone : 0878 14664083
Email : info.awlia@gmail.com
FB : info.awlia@yahoo.co.id
YM : info.awlia@yahoo.co.id

Software PAK PARKIR

Panduan Secara Visual : No Distance, Any Where, Any Time

“Boutique Software  Programming, menyediakan panduan instalasi dan penerapan software PAK PARKIR dengan “panduan secara visual” selain panduan e-book , melalui internet , ataupun melalui telepon.

Link Share PAK PARKIR Ver.2011 https://sites.google.com/site/softwareportalparkiran/

Diskripsi

Target Program Aplikasi Komputer ( PAK-PARKIR Terpadu ) : Software Usaha Perparkiran.

Boutique Software Programming menawarkan Software dengan keterpaduan penyediaan informasi yang diperlukan seperti informasi Parkir Masuk, Parkir Keluar, Parkir Belum Keluar, Pendapatan Parkir dll.

Fitur yang ditawarkan:

-Manajemen Parkiran : Parkir Masuk, Parkir Keluar dan Parkir Belum Keluar.

Manajemen Parkiran Titip : Fitur Tagihan biaya Titip, Biaya Titip Helm, Biaya Cuci Mobil/Motor.

-Manajemen Pendapatan : Laporan Pendapatan Parkiran Pertanggal dan Perjenis Kendaraan.

-Manajemen Member : Pengelolaan Parkiran kepada para pemarkir yang berstatus anggota tetap dengan tarif khusus.

Keunggulan:

1.Distribusi software PAK-PARKIR dan Panduan melaui media Email.

2.Penerapan Software PAK-PARKIR dapat dilakukan via telepon dan via internet tanpa harus melakukan pelatihan secara langsung.

3.PAK-PARKIR Terpadu dapat digunakan untuk “multi user”.

4.Lisensi software untuk satu kantor ( satu jaringan LAN ).

5.Garansi dan Asistensi diberikan selama aplikasi digunakan dan bermanfaat.

6.Dukungan Konsultasi PAK-PARKIR, maintenance software, serta pengembangan produk PAK-PARKIR.

7.Dukungan update dan upgrade software secara mudah dan berkesinambungan melalui email.

Lingkup:

1. Modul Parkir.

2. Modul Member.

3. Modul Monitoring.

4. Modul laporan.

5. Modul tabel parameter.

6. Modul user & password.

7.Modul utilities.

Layanan:

1.Bantuan konsultasi instalasi software.

2.Pelatihan dan konsultasi bagi petugas pengguna ( end user ).

3.Pendampingan selama 12 kali tutup buku akhir bulan.

4.Layanan Purna Jual ( maintenance ) setelah perjanjian selesai ( harga ditentukan kemudian ).

Kategori Biaya:

1.Harga Katergori ke 1 sebesar Rp. 750.000 dengan support dan maintenance selama 3 bulan.

2.Harga Katergori ke 2 sebesar Rp. 1.500.000 dengan support dan maintenance selama 6 bulan.

Biaya Maintenance:

Biaya pemeliharaan software dihitung berdasarkan jumlah POS yang digunakan, yaitu sebagai berikut:

1.Jika 2 POS maka nilai biaya adalah Rp. 75.000, per bulan.

2.Jika 3 POS maka nilai biaya adalah Rp. 100.000, per bulan.

3.Jika 4 POS maka nilai biaya adalah Rp. 125.000, per bulan.

4.Jika penambahan 1 POS maka  nilai biaya bertambah sebesar Rp. 25.000, per bulan.

Garansi Software:

1.Kerusakan software berupa aplikasi dan database yang diakibatkan oleh software error pada saat pembuatan menjadi tanggungjawab developer software yaitu Boutique Software Programming untuk memperbaikinya.

2.Kerusakan software berupa aplikasi dan database yang diakibatkan oleh human error dapat dikonsultasikan dan melakukan perbaikan ke Boutique Software Programming, tetapi bukan merupakan kerusakan databasenya.

3.Kerusakan software berupa aplikasi dan database yang diakibatkan oleh force majeur, bencana alam, serangan virus, kerusakan software sistem operasi dan kecerobohan oleh end user sehingga mengakibatkan hilang atau rusak data ( database ) bukan merupakan tanggungjawab Boutique Software Programming untuk memperbaiki database nya akan tetapi dapat dibantu untuk memulihkan aplikasinya.

Perawatan Software:

Maintenance atau perawatan yang meliputi :

1.Konsultasi berkelanjutan ( transaksi harian dll ).

2.Perbaikan aplikasi software jika terjadi kerusakan aplikasinya.

3.Konsultasi perbaikan jika terjadi kesalahan pemasukan data oleh end user.

4.Perbaikan struktur database jika terjadi ketidaksesuaian antara data dengan struktur databasenya.

5.Pengembangan software lebih lanjut ( upgrade dan update software ).

Parkir Bocor, Disiapkan Sistem Portal

Untuk mengurangi tingkat kebocoran parkir, Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya juga menggagas sistem portalisasi. Sistem ini, akan dipasang di semua terminal milik Pemkot, tempat wisata dan di sejumlah badan jalan tertentu yang dipakai parkir tepi jalan umum oleh Pemkot. Sistem parkir dengan menggunakan portal ini diyakini akan berhasil menekan kebocoran parkir dari Rp 20 miliar menjadi sekitar Rp 10 miliar.

Terkait dengan ini, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya, Hendro Gunawan mengatakan, sebagai uji coba pengelolaan parkir dengan menggunakan portal jalan ini akan diterapkan di Jl Jimerto. Ujung sisi timur jalan ini akan dipasangi portal. Pemilik mobil yang parkir di sana tinggal mengambil karcis parkir dan membayarnya di ujung sisi barat. “Kalau di Jl Jimerto berhasil akan kami terapkan di sejumlah jalan lain,” ujarnya.

Menurutnya, model parkir dengan menggunakan portal jalan akan sangat membantu menekan tingkat kebocoran retribusinya. Pasalnya, jukir tidak bisa nakal dan oknum Dishub tidak bisa ‘bermain’ di sini. Bahkan, hasil tarikan retribusi itu tidak bisa hilang sedikit pun.

“Sebetulnya program ini sudah digagas sejak 2010, tapi mudah-mudahan bisa terwujud tahun depan. Bahkan, portalisasi lahan parkir kami yakini sangat efektif. Sistem ini akan kami terapkan secara bertahap, khususnya untuk parkir tepi jalan umum,” katanya.

Sementara, Kepala Dishub Surabaya Eddi mengatakan, pada 2011 ini sistem portal sudah diterapkan di terminal Purabaya dan Osowilangun. Di Purabaya portal dipasang di pintu masuk mobil pribadi dan angkutan kota. Sementara untuk bus antar kota dalam propinsi (AKDP) dan bus antar kota antar propinsi (AKAP) sudah ada sistemnya sendiri.

Sedangkan di terminal Osowilangun diterapkan di pintu semua kendaraan, termasuk bus kota. Karena di terminal itu tidak ada bus AKDP dan AKAP-nya  “Portalisasi di terminal itu sudah kami operasionalkan, jadi penarikan retribusinya sudah tertib,” ungkapnya.

Selanjutnya, sistem ini akan diterapkan di terminal Joyoboyo, Bratang, Kenjeran, Jempatan Merah, Keputih dan lain sebagainya. “Khusus terminal baru, yakni di terminal Kenjeran dan Keputih akan langsung diterapkan, begitu terminal dioperasikan pada Januari 2011 portalisasi sudah berjalan,” katanya.

Lokasi lain yang sudah dipasang portal parkir adalah di lokasi parkir di kawasan wisata Ampel. Di sana, semua kendaraan wisatawan yang parkir ditempat itu langsung dihadang portal parkir. Selanjutnya, pengemudi bus atau kendaraan lainnya langsung membayar parkir saat kendaraan akan keluar lahan parkir.

Sedangkan sistem portal di lokasi parkir tepi jalan umum seperti yang selama ini sudah diterapkan di Jl Baliwerti. Untuk menarik retribusi parkir di jalan tersebut dibuat portal bergerak di ujung jalan masuk. Ketika ada mobil masuk portal jalannya membuka dan pengendara mobil mengambil karcis parkir. Kemudian, ketika kendaraannya keluar lokasi parkir dia tinggal membayar retribusi.

Model pengelola parkir seperti ini akan sengat menguntungkan Pemkot. Sebab, biaya parkir 1 jam pertama untuk mobil sebesar Rp 1.000 dan satu jam berikutnya ditambah Rp 500. Ketentuan dalam perda Nomor 1/2009 tentang pengelolaan parkir retribusi aprkir dengan model ini retribusinya maksimal sebesar Rp 5.000 per satu kali parkir.

“Kendala dari pelaksanaan portalisasi lahan parkir ini hanya satu, yakni ketika listriknya mati sistem portalisasinya tidak jalan. Nah, saat itu bisa terjadi manipulasi data masukan retribusi parkir,” ungkapnya. pur

RETRIBUSI PARKIR TEPI JALAN UMUM :

Tahun             Target                         Realisasi

2007                Rp 7 M                        Rp 4 M

2008                Rp 9 M                        Rp 5 M

2009                Rp 11 M                      Rp 6,7 M

2010                Rp 23 M                      Rp 8 M

2011                Rp 19,9 M                   Rp 9,7 M

Sumber : http://www.surabayapost.co.id

Pengguna:

1.Taman Parkir CBS ( Cahaya Bumi Selamat ) Martapura – Kalimantan Selatan :  Januari 2011

2.Parkir RS.Muhammadiyah Palembang – Sumatera Selatan : Juni 2011

3.Parkir Lancar – Waru – Sidoarjo – Jawa Timur : Nopember 2011

4.Parkir Bandara Udara Polonia Medan – Sumatera Utara : Januari 2012

Sistem Sales, Support, Revisi & Maintenance

Email to info.awlia@gmail.com

Call to HP : 0 8 1 2 5 1 3 8 6 0 1 6

Call to CDMA : 0 5 1 1 7 5 1 4 1 4 3

Yahoo Messanger to : info.awlia@yahoo.co.id

Facebook to : info.awlia@yahoo.co.id