Form Login pada Delphi

form login:
procedure tflogin.loginclick(sender:tobject);
begin
if (edit1.text=’public’) then
begin
with fmenuutama do
begin
mahasiswa1.enabled:=false;
praktikum1.enabled:=false;
fmenuutama.show;
flogin.close;
end;
end
else
if (edit1.text=’operator’)and(edit2.text=table1.fields[0].asstring) then
begin
fmenuutama.show;
flogin.close;
end
end;

Advertisements

Daftar Keyboard Shortcut DELPHI

Code Parameters : Ctrl-Shift-Space
Code Completion : Ctrl-Space
Code Templates : Ctrl-J

Class Completion
Class Completion : Ctrl-Shift-C
Class Nav Up Ctrl-Shift-Up
Class Nav Down Ctrl-Shift-Down

Code Browsing (D6 and above)
Symbol Browsing : Alt-Up
Browse Forward : Alt-Right
Browse Backward : Alt-Left

Message Window
Previous Message : Alt-F7
Next Message : Alt-F8

IDE Windows
Code Explorer : Ctrl-Shift-E
Project Manager : Ctrl-Alt-F11
Window List : Alt-0 (zero)
Object Inspector : F11

Debugger Windows
Event Log : Ctrl-Alt-V
Breakpoints : Ctrl-Alt-B
Watches : Ctrl-Alt-V
Threads : Ctrl-Alt-T

TODO List Window
Add TODO Item : Ctrl-Shift-T

Editing
Blocking Mode : Ctrl+O-L (line) Ctrl+O-C (column)

Debugging
Trace Into : F7
Step Over : F8
Trace to next source line : Shift-F7
Run to Cursor : F4
Run until return : Shift-F8
Program Reset : Ctrl-F2
Evaluate/Modify : Ctrl-F7
Add Watch : Ctrl-F5
Toggle Breakpoint : F5

Compiling
Compile Project : F5
Build : Ctrl-F5
Syntax Check : F5
Project Options : Ctrl-Shift-F11

http://maulaku.wordpress.com/category/tips-dan-trik/

Trik-Trik Perhitungan Jam pada Delphi

gimana caranya ngitung jumlah jam ? (catatan : perhitungan diusahakan menggunakan query biasa saja)
misal :
jam awal               jam akhir       tanggal         jumlah jam
—————————————————————————
07:00          23:56           21/06/2000      ?
23:00          07:00           22/06/2000      ?

tolong …

kalo variabel jam_akhir dan jam_awal adalah time, maka perhitungannya: jumlah_jam:= jam_akhir – jam_awal.
kalo jumlah_jam mau dibuat format string, tinggal ubah lagi dgn timetostr(jumlah_jam). Kira-kira begitu…
http://www.mail-archive.com/delphi@itb.ac.id/msg02709.html

berformat Date/DateTime, dan gak usah pake tanggal. Jadi buat ngitung jumlah jam/menit/detik ya gampang2 aja:

Jam := Trunc((JamAkhir-JamAwal)*24);
Menit := Trunc((JamAkhir-JamAwal)*24*60);
Detik := Trunc((JamAkhir-JamAwal)*24*60*60);

http://www.mail-archive.com/delphi@itb.ac.id/msg02731.html

Matematis Jam pada Delphi (DateTime Delphi)

Menghitung Jumlah Jam Lembur?

Saya ingin menghitung lama jam kerja lembur bagi pegawai

Hari.1 Pengawai A
– Jam Mulai  : 18.00
– Jam Selesai: 21.30
– Lama Lembur: 3.30 (3 Jam, 30 menit)
Hari.2
– Jam Mulai  : 18.00
– Jam Selesai: 21.30
– Lama Lembur: 3.30 (3 Jam, 30 menit)
Hari.3
– Jam Mulai  : 18.00
– Jam Selesai: 21.30
– Lama Lembur: 3.30 (3 Jam, 30 menit)

Pegawai A melakukan lembur selama 3 hari berturur-turut, totalnya
jadi: 10.30 (10 Kam, 30 Menit).

Bagaimana cara melakukan perhitungan Jam dengan pola seperti ini?

Yang pertama anda perhatikan, adalah menyiapkan rutin pembulatannya
menitnya dulu, biasanya sih lembur ndak perlu dihitung sampe
per-detiknya. Kemudian tinggal buat saja tabel khusus menampung ini,
sederhananya:

CREATE TABLE Attendance(
empid            INTEGER NOT NULL,
workdate         DATE NOT NULL,
timein           TIMESTAMP,
timeout          TIMESTAMP,
ottime           TIMESTAMP,
otvalue          NUMERIC(18,3),
….
primary key(empid, workdate)
);

nah untuk jumlahnya sih ya tinggal menggunakan penjumlahin biasa aja
nantinya, mau pake SUM juga bisa, atau SUM melalui report juga ya ndak
ada masalah serius dengan itu. sementara untuk operasional di sisi
delphinya tinggal pake TDateTime biasa aja.

Kemudian untuk mengkonversi lembur yang dalam tipe TDateTime
(TIMESTAMP), misalnya dari 10:30 jam itu menjadi 10,5 tinggal
menggunakan rutin ini:

{ konversi dari TimeStamp ke value (bilangan real) }
function TimeIntervalValue(const ATimeInterval: TDateTime): TDateTime;
var
Interval: TDateTime;
begin
Interval := HoursPerDay * ATimeInterval;
Result   := (Trunc(Interval) + (Round(Frac(Interval) * 100)/100));
end;

{ konversi dari value (bilangan real), ke timestamp }
function ValueIntervalTime(const AIntervalValue: TDateTime): TDateTime;
begin
Result   := AIntervalValue / HoursPerDay;
end;

Untuk menambah kemudahan operasional, mungkin bisa membuat
fungsi-fungsi baru untuk menghandle total waktu yang > 24 jam dari
contoh fungsi-fungsi default yang ada. fungsi-fungsi itu misalnya:

– EncodeTime
– DecodeTime
– TimeToString
– FormatTime

Kira-kira begitu deh. Good luck. 🙂


Salam,

-Jaimy Azle

http://www.opensubscriber.com/message/delphindo@yahoogroups.com/931917.html

Menginstal Komponen QuickReport pada Delphi 7

Untuk menginstal Komponen QuickReport pada delphi 7, caranya kaya gini neh?
– Buka Delphi7 Anda
– Masuk menu component dan pilih install packages
– Tambahkan komponen baru dengan memilih add
– Setelah itu cari fiel dclqrt70.bpl
– Kemudian OK
– Komponen QuickReport sudah terinstal dalam delphi7

catatan :
file dclqrt70.bpl ada di folder bin delphi7 OK

http://tommyirawan.blogspot.com/2008/07/menginstal-kompnen-quickreport-di.html