Software Engeenering Keuangan Mikro Syariah

“Software Engeenering Keuangan Mikro Syariah”

Mahasiswa sebagai sumber daya manusia Indonesia yang punya potensi yang besar sebagai sumber Devisa bagi bangsa Indonesia. Mahasiswa punya tugas membangun dan mengembangkan produk-produk yang berkualitas dan berdayaguna bagi bangsa dan masyarakat Indonesia khusus dan juga untuk masyarakat Internasional. Mahasiswa juga punya tanggungjawab untuk memberikan manfaat kepada masyarakat umum dalam memanfaatkan hasil hasil riset diperkuliahan dan hasil praktek diperkualiahan.

Perkembangan sistem keuangan syariah di Indonesia dan di Dunia Internasional mempunyai tren yang positif. Untuk perkembangan lembaga keuangan mikro syariah, di Indonesia telah memiliki 1000 an lembaga keuangan mikro syariah berbadan hukum koperasi syariah, seperti koperasi simpan pinjam syariah, baitul maal wa tamwil, bank sampah syariah dan lembaga keuangan mikro syariah lainnya.

Perkembangan lembaga keuangan mikro syariah di dunia juga sudah berkembang positif seperti di negara negara berdasarkan hukum syariah dan merupakan negara tetangga Indonesia seperti negara Malaysia dan Brunei Darussalam. Dua negara ini merupakan pasar yang potensial bagi pasar software lembaga keuangan mikro syariah.

Indonesia merupakan negara berpenduduk Islam terbanyak di dunia dan merupakan pasar Keuangan syariah terbesar. Indonesia sudah memiliki Pedoman Standar Akuntansi Keuangan Syariah 101 sebagai acuan dalam menerapkan dan menyajikan laporan keuangan lembaga mikro syariah. Para petinggi negara negara tetangga, khusus nya negara Malaysia dan negara Brunei Darussalam sering mendatangkan para praktisi keuangan syariah Indonesia untuk menjadi trainer untuk pembentukan dan pengembangan lembaga keuangan syariah nya.

Pasar keuangan mikro syariah di Indonesia dan di dunia mempunyai tren positif dan merupakan basis ekonomi di masyarakat, sehingga potensi untuk penggunaan software keuangan mikro syariah juga sangat besar, baik di Indonesia maupun di negara tetangga Indonesia dan bisa merupakan sumber devisa bagi negara Indonesia. Hal ini merupakan peluang bisnis yang sangat besar bagi mahasiswa untuk mengembangkan bisnis software keuangan mikro syariah.

Setiap mahasiswa Indonesia harus mempunyai jiwa wiraswasta (entrepreneurship) dalam membangun bisnis untuk bisa menjadi sumber devisa bagi negara Indonesia, sehingga bukan hanya dari TKI atau TKW, sumber daya alam, tetapi sumber devisa terbaharukan dan tak terbatas yaitu software engeneering.

Perkembangan teknologi saat ini sudah tidak ada jarak ruang dan waktu, sehingga batasan wilayah negara bukan merupakan batasan untuk memasarkan dan mendapatkan pasar. Untuk bantuan dan pendampingan pengiriman, instalasi dan penggunaan serta pemeliharaan software tidak perlu lagi harus berkunjung langsung ke negara pengguna, karena hanya melalui media email dan remote koneksi maka sudah bisa dilakukan hal yang dulu nya sangat tidak mungkin untuk dikerjakan selain harus ke negara pengguna.

Untuk pemasaran software juga tidak perlu lagi harus ke negara negara calon pembeli seperti model bisnis tradisional. Hanya dengan mengikuti dan menjadi pengguna jejaring sosial yang ada, maka sudah bisa menawarkan langsung produk software kepada siapapun dan dimanapun, selama terkoneksi dengan internet. Hanya dengan email sudah bisa mengirimkan software kepada calon pengguna dan nanti nya menjadi pengguna. Hanya dengan teknologi remote koneksi jauh, maka sudah bisa melakukan pendampingan kepada pengguna software, dimanapun dan kapanpun.

Untuk pemasaran juga bisa dilakukan melalui media blogsite yang gratis, mudah dan berkualitas. Blog merupakan media web base yang bisa digunakan oleh siapapun dan dimanapun dan bisa media promosi untuk menawarkan produk ke negara negara dunia. Blog ini bisa tidak berbayar sehingga sangat berpotensi sekali untuk digunakan sebagai media promosi yang mudah dan berkualitas.

 

Secara teori menurut wikipedia.org, http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_global#Segmentasi_Pasar_Global, Segmentasi Pasar adalah membagi sebuah pasar ke dalam kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang mungkin menghendaki bauran produk atau pemasar yang terpisah, yaitu:

1.Pemasaran Massal (Mass Marketing): penjual memproduksi, mendistribusi-kan, dan mempromosikan secara massal sebuah produk kepada seluruh pembeli. Pemasar tersebut menciptakan pasar potensial terbesar, biaya paling rendah, harga lebih rendah atau marjin yang lebih tinggi.

2.Pemasaran Segmen : Perusahaan menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian. Perusahaan mengisolasi segmen yang lebar yang membentuk suatu pasar dan mengadaptasi apa yang ditawarkannya agar lebih mendekati kebutuhan satu atau beberapa segmen.

3.Pemasaran Ceruk Berfokus pada subgrup di dalam segmen-segmen diatas. Suatu ceruk adalah suatu grup yang didefinisikan dengan lebih sempit, biasanya diidentifikasi dengan memilah suatu segmen menjadi beberapa subsegmen

4.Pemasaran Mikro : Praktik penyesuaian produk dan program pemasar agak cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu.

 

Berdasarkan teori Global advertising  berdasarkan segmen, 1.Pemasaran Massal (Mass Marketing): penjual software bisa menciptakan pasar potensial terbesar, biaya paling rendah, harga lebih rendah atau marjin yang lebih tinggi, sehingga software yang dipasarkan akan menjadi alternatif utama untuk dipilih sebagai software pengguna di negara negara lain. Untuk biaya paling rendah, harga lebih rendah atau marjin yang lebih tinggi bisa dilakukan, karena secara kurs mata uang asing, nilai Dollar jauh tinggi dibandingkan dengan nilai Rupiah, sehingga biaya modal pembuatan, pemasaran, pemeliharaan software, akan lebih murah dari negara negara lain nya. Software yang dibuat di Indonesia akan menjadi Cost Leadership di dunia dan akan menjadi pilihan utama, dengan syarat tetap berkualitas dan pendampingan yang terpercaya dan kemudahan penerapan ke pengguna software.

2.Pemasaran Segmen : Perusahaan menyadari bahwa pembeli berbeda dalam kebutuhan, persepsi, dan perilaku pembelian. Perusahaan mengisolasi segmen yang lebar yang membentuk suatu pasar dan mengadaptasi apa yang ditawarkannya agar lebih mendekati kebutuhan satu atau beberapa segmen. Hal ini bisa dilakukan dengan cara selalu bisa beradaptasi dengan kebutuhan pengguna dengan membuka sebesar mungkin customized.

3.Pemasaran Ceruk Berfokus pada subgrup di dalam segmen-segmen diatas. Suatu ceruk adalah suatu grup yang didefinisikan dengan lebih sempit, biasanya diidentifikasi dengan memilah suatu segmen menjadi beberapa subsegmen. Hal ini bisa dilakukan dengan lebih memfokuskan kebutuhan kepada kebutuhan yang lebih mendekati kebutuhan pengguna dengan cara selalu menerima masukan pengguna dan beradaptasi dengan kebutuhan pengguna. 4.Pemasaran Mikro : Praktik penyesuaian produk dan program pemasar agak cocok dengan citarasa individu atau lokasi tertentu. Hal ini bisa dilakukan dengan membuka kesempatan kepada pengguna untuk memberikan masukan sesuai dengan kebutuhan dan lokasi pengguna, misal penggunaan bahasa, sesuai dengan bahasa negara lokasi.

E-business menurut wikipedia pada http://id.wikipedia.org/wiki/E-business adalah e-Business atau Electronic business dapat didefinisikan sebagai aktivitas yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksi,dan salah satu aplikasi teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha. Secara luas sebagai proses bisnis yang bergantung pada sebuah sistem terotomasi. Pada masa sekarang, hal ini dilakukan sebagian besar melalui teknologi berbasis web memanfaatkan jasa internet. Terminologi ini pertama kali dikemukakan oleh Lou Gerstner, CEO dari IBM.

Marketspace adalah arena di internet, tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli secara bebas seperti layaknya di dunia nyata (marketplace). Mekanisme yang terjadi di marketspace pada hakekatnya merupakan adopsi dari konsep “pasar bebas” dan “pasar terbuka”, dalam arti kata siapa saja terbuka untuk masuk ke arena tersebut dan bebas melakukan berbagai inisiatif bisnis yang mengarah pada transaksi pertukaran barang atau jasa.

Seluruh perusahaan, tanpa perduli ukuran dan jenisnya, dapat menerapkan konsep e-Business, karena dalam proses penciptaan produk maupun jasanya, setiap perusahaan pasti membutuhkan sumber daya informasi.

7 strategi taktis untuk sukses dalam e-Business :

  1. Fokus. Produk-produk yang dijual di internet harus menjadi bagian yang fokus dari masing-masing manajer produk.
  2. Banner berupa teks, karena respons yang diperoleh dari banner berupa teks jauh lebih tinggi dari banner berupa gambar.
  3. Ciptakan 2 level afiliasi. Memiliki distributor penjualan utama dan agen penjualan kedua yang membantu penjualan produk/bisnis.
  4. Manfaatkan kekuatan e-mail. E-mail adalah aktivitas pertama yang paling banyak digunakan di Internet, maka pemasaran dapat dilakukan melalui e-mail atas dasar persetujuan.
  5. Menulis artikel. Kebanyakan penjualan adalah hasil dari proses edukasi atau sosialisasi, sehingga produk dapat dipasarkan melalui tulisan-tulisan yang informatif.
  6. Lakukan e-Marketing. Sediakan sebagian waktu untuk pemasaran secara online.
  7. Komunikasi instan. Terus mengikuti perkembangan dari calon pembeli atau pelanggan tetap untuk menjaga kepercayaan dengan cara komunikasi langsung.

 

Mahasiswa dapat menerapkan atau implementasi 7 strategi taktis untuk sukses dalam e-Business :

  1. Fokus. Produk-produk yang dijual di internet harus menjadi bagian yang fokus dari masing-masing manajer produk. Hal ini bisa dilakukan dengan fokus memasarkan software untuk lembaga keuangan mikro syariah untuk digunakan di lembaga keungan mikro syariah di negara negara tetangga misal di Malaysia dan Brunei. Untuk market sangat besar, karena jumlah lembaga keuangan mikro syariah jumlah nya 1.000 an ataupun 10.000 lebih.
  2. Banner berupa teks, karena respons yang diperoleh dari banner berupa teks jauh lebih tinggi dari banner berupa gambar. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan website ataupun blogsite dan menggunakan banner teks dan mendiskripsikan perkembangan lembaga keuangan mikro syariah di Indonesia untuk bisa menjadi refrensi bagi negara negara lain nya.
  3. Ciptakan 2 level afiliasi. Memiliki distributor penjualan utama dan agen penjualan kedua yang membantu penjualan produk/bisnis. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pemasaran software. Pengembang software bisa bekerja sama dengan pihak pengguna di negara negara pengguna dan menjadikan distributor utama dan agen penjualan, sehingga software akan punya testimoni yang baik dan mudah diterima oleh pengguna di negara negara lain.
  4. Manfaatkan kekuatan e-mail. E-mail adalah aktivitas pertama yang paling banyak digunakan di Internet, maka pemasaran dapat dilakukan melalui e-mail atas dasar persetujuan. Hal ini sangat diperlukan dalam mengirimkan installer software, panduan software, update software dan lainnya. Sehingga email merupakan media yang sangat vital untuk distribusi secara global.
  5. Menulis artikel. Kebanyakan penjualan adalah hasil dari proses edukasi atau sosialisasi, sehingga produk dapat dipasarkan melalui tulisan-tulisan yang informatif. Hal ini bisa dilakukan dengan menuliskan mengenai testimoni pengguna software, perkembangan lembaga keuangan mikro syariah di Indonesia ataupun di negara negara lainnya.
  6. Lakukan e-Marketing. Sediakan sebagian waktu untuk pemasaran secara online. Hal ini bisa dilakukan dengan mendistribusikan informasi pemasaran melalui media email, jejaring sosial dan media pemasaran digital lain nya.
  7. Komunikasi instan. Terus mengikuti perkembangan dari calon pembeli atau pelanggan tetap untuk menjaga kepercayaan dengan cara komunikasi langsung. Hal ini bisa dilakukan dengan selalu menjaga komunikasi dengan para pengguna, baik secara langsung, maupun melalui distributor utama dan agen agen yang sudah menjadi mitra di negara negara lain.

Keyakinan dan terlihat dengan nyata bahwa Software Engeenering Keuangan Mikro Syariah Indonesia bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan menjadi tamu istimewa dinegara lain dan akan menjadi sumber devisa terbaharukan dan tak terbataskan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s