Perkembangan BMT Tahun 2011 (Ir. H. Saat Suharto, CEO Permodalan BMT Center)

Hingga penghujung akhir tahun 2010 ini, BMT mengalami perkembangan yang sangat menggembirakan dan sesuai dengan perkiraan pada outlook 2010 yang lalu. BMT rata-rata tumbuh dari sisi aset dalam kisaran 35% hingga 40%, Financing to Deposit Ratio (dana yang disalurkan)  juga masih disekitar 100%. Meskipun agak turun dibanding tahun lalu, tapi masih menunjukkan kinerja pembiayaan yang masih sangat bagus, sekaligus menunjukkan kebutuhan masyarakat yang masih sangat tinggi.

Bisa dikatakan bahwa pertumbuhan BMT yang sangat tinggi untuk industri keuangan ini dapat dipahami karena memang ini fase pertumbuhan eksponensial di mana pemahaman masyarakat semakin tinggi terhadap keuangan syariah dibarengi dengan kepercayaan yang makin meningkat dan pemberitaan mengenai BMT yang makin sering di media. Di sisi yang lain pembenahan-pembenahan internal pada lembaga BMT makin intensif dilakukan sehingga dapat menjaga dan merawat kepercayaan masyarakat.

Outlook BMT 2011
Memasuki tahun 2011, secara umum pertumbuhan BMT masih akan mengalami pertumbuhan eksponensial, bahkan diperkirakan pertumbuhan rata-rata BMT akan dapat mencapai 40%-45% sehingga dapat melayani sekitar 1,1 juta pengusaha mikro.

Apalagi fokus pembiayaan BMT tetap pada pembiayaan produktif sehingga sektor perdagangan masih menjadi sektor andalan (60%) diikuti industri rumahan dan pertanian. Meskipun pada tahun 2011 ada ancaman akibat gagal panen pada beberapa produk pertanian, kemungkinan pengempisan bubble ekonomi, tetapi berdasar perhitungan industri mikro masih tetap bergerak sesuai dengan kemampuan belanja masyarakat. Pada sisi demand, masyarakat yang membutuhkan layanan masih sangat banyak yang belum tersentuh layanan lembaga keuangan, maka ekspektasi pertumbuhan masih cukup rasional.

Pertumbuhan BMT yang tinggi setidaknya di pengaruhi oleh empat faktor. Pertama, kesadaran syariah masyarakat yang makin meningkat. Kedua, kepercayaan masyarakat yang makin tinggi, serta pemberitaan media yang makin luas. Ketiga, lembaga-lembaga mezzo yang membuat regulasi bagi BMT dan melakukan pengawasan, training, dll yang makin tertata. Keempat, kepercayaan lembaga perbankan dan pemerintah untuk melakukan linkage program.

Sebanding dengan pertumbuhannya, maka muncul juga tantangan yang harus dihadapi oleh BMT. Tantangan utama pengembangan BMT pada tahun depan adalah SDM. Tantangan SDM ini meliputi jumlah SDM yang baru, dimana diperkirakan dibutuhkan sekitar 700 karyawan baru pada keseluruhan anggota Perhimpunan BMT Indonesia (tahun depan diperkirakan 220 anggota) di samping itu peningkatan skill dari karyawan baru serta karyawan lama masih menjadi tantangan.

Persaingan di mikrobanking (500 sd 50 juta outstanding pembiayaan) akan sangat tinggi di tahun 2011, mengingat banyak perbankan besar baik modal dalam negeri maupun milik asing masuk ke mikro. Meski pada jangka waktu tertentu bisa menyebabkan over supply kebutuhan, akan tetapi pada level mikrofinance (50 juta ke bawah) belum banyak lembaga yang memberikan pembiayaan, dengan jaringan eksisting ditambah jaringan baru.

Menyinggung soal rencana bisnis pada 2011, Permodalan BMT sebagai lembaga asosiasi sekaligus media akses permodalan bagi BMT-BMT di Indonesia, akan makin meningkatkan aliansi bisnis dengan Bank Syariah untuk melakukan linkage pada pembiayaan. Selanjutnya, dalam hal pembiayaan akan mulai bekerjasama dengan BMT-BMT di luar Jawa, seperti Lampung, Bali dan Sulawesi.

Sebanding dengan makin tingginya kebutuhan akses dana bagi BMT yang cukup besar, maka Permodalan BMT menargetkan pembiayaan di tahun 2011 mencapai 110 miliar Rupiah dengan target asset mencapai 120 miliar Rupiah.

Berdasar catatan, Permodalan BMT telah mencapai target aset tahun 2010 yakni 60 miliar Rupiah dengan pembiayaan 58 miliar Rupiah dan laba 500 juta Rupiah pada bulan November 2010, hal ini berarti telah tumbuh lebih dari 100 persen dibanding aset 2009 yang masih 32 miliar Rupiah.

http://www.tamzis.com/index.php?option=com_content&task=view&id=164&Itemid=9

Software BMT KJKS KOPERASI SYARIAH Free Download…!

Software WASERDA TOSERBA MINIMARKET Free Download…!

Software ZAKAT BAZNAS Free Download…!

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s