Mentan Harapkan Gapoktan Sulsel Miliki LKMA

Software Pembiayaan Sistem Syariah LKMA Free Download…!

Makassar (ANTARA News) – Menteri Pertanian Suswono mengharapkan Gabungan Kelompok Tani di Provinsi Sulawesi Selatan agar memiliki Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis.

“Pembentukan LKMA ini merupakan tujuan jangka panjang yang harus dicapai oleh seluruh gapoktan,” ungkap Mentan di Makassar, Rabu.

Hadirnya LKMA merupakan sasaran dari pelaksanaan program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) agar petani tidak mengalami kesulitan dalam hal permodalan.

Mentan menambahkan, LKMA ini nantinya dapat menjadi mitra perbankan, sehingga penyaluran kredit bisa langsung dilakukan melalui gabungan kelompok tani (gapoktan) dan lebih luas dalam meningkatkan program agribisnis.

Agar LKMA ini dapat berjalan dengan baik, diperlukan tenaga keuangan mikro sebagai pendamping, namun tidak boleh mengintervensi dan mengawasi, melainkan membantu dalam menjalankan roda ekonomi dalam LKMA tersebut, tandasnya.

Keberadaan LKMA ini juga yang menjadi ukuran kemandirian suatu gapoktan, sehingga bagi gapoktan yang mandiri dan dapat mengelola LKMA dengan baik, maka akan mendapatkan penghargaan dari pemerintah.

Pemberian penghargaan ini dimaksudkan agar gapoktan semakin bersemangat untuk mengelola LKMA semaksimal mungkin.

“Sebagai contoh, gapoktan di Kabupaten Ponorogo sudah memiliki modal hingga Rp400 juta. Ini menunjukkan suatu kemandirian yang luar biasa, dan harus dicontoh oleh seluruh gapoktan  lain termasuk di Sulsel,” tandasnya. (T.pso-103/S016)

http://makassar.antaranews.com/berita/17072/mentan-harapkan-gapoktan-sulsel-miliki-lkma

Software Pembiayaan Sistem Syariah LKMA Free Download…!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s