Idealnya Gaji Presiden Paling Besar Se-Indonesia

JAKARTA – Cerita Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengenai gajinya yang tidak pernah naik selama tujuh tahun terus bergulir dan ditanggapi beragam baik oleh masyarakat, aktivis lembaga swadaya masyarakat, maupun para politikus di DPR.

Menurut Ketua Komisi XI DPR dari Partai Demokrat Achsanul Qosasi, sudah selayaknya gaji Presiden dinaikkan, meskipun Presiden Yudhoyono tidak pernah menyampaikan keinginan tersebut secara tebuka.

Achsanul mengatakan, seharusnya gaji Presiden tertinggi di Indonesia jika dibandingkan dengan seluruh pejabat negara lainnya termasuk Direktur Utama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang diangkat pemerintah.

“Idealnya gajinya paling tinggi di negeri ini, tapi kan saat ini tidak. Gaji Dirut Bank Mandiri, Gubernur BI lebih besar. Apa lagi Dirut BUMN padahal Dirut itu diangkat pemerintah kan,” katanya kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (25/1/2011).

Dia menambahkan, gaji Presiden mesti dinaikkan hingga taraf ideal yang diukur berdasarkan indeks yang jelas. Misalkan perbandingannya dengan Pendapatan Domestik Bruto atau pendapatan per kapita penduduk.

Kenyataan bahwa ada presiden negara lain seperti Iran yang gajinya lebih rendah dari Presiden Yudhoyono maupun jumlah orang miskin yang masih tinggi di Indonesia, menurut Achsanul tak bisa dijadian alasan untuk menolak kenaikan gaji Presiden.

“Presiden Iran itu memimpin berapa rakyat? Presiden Indonesia itu memimpin 230 juta rakyat. Jangan bandingkan dengan penduduk miskin dengan gaji Presiden, di mana-mana penduduk miskin itu ada, tapi bandingkan dengan PDB kita,” ujarnya.(ful)

http://news.okezone.com/read/2011/01/25/339/417670/idealnya-gaji-presiden-paling-besar-se-indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s