LKM DAN BPRS MAKIN DIMANFAATKAN DI ACEH

Banda Aceh, 24/6 (Antara/FINROLL News) – Lembaga Keuangan Mikro dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah untuk membantu usaha kecil masyarakat miskin di Provinsi Aceh semakin dimanfaatkan menyusul membaiknya perekonomian di daerah itu.

Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar saat meresmikan gedung baru Baitul Qirad (BQ) Baiturrahman di Banda Aceh, Rabu, menyatakan, makin dimanfaatkannya lembaga pembiayaan bagi masyarakat kecil tersebut berpeluang besar dalam mengentaskan kemiskinan di provinsi berpenduduk sekitar 4,6 juta jiwa itu.

“Pemberantasan kemiskinan tidak hanya dilakukan oleh pemerintah semata, tapi juga perlu dilakukan dengan melahirkan lembaga pembiayaan mikro di seluruh kabupaten/kota di Aceh,” katanya.

Disebutkannya, ada sekitar 35 lembaga pembiayaan mikro yang saat ini beroperasi di provinsi paling barat pulau sumatera dan sebelas lainnya dalam proses pembinaan ke arah yang lebih baik.

Karena itu, ia mengajak para pengusaha Aceh untuk mendirikan lembaga pembiayaan mikro yang dikelola secara profesional sebagai upaya untuk membantu perekonomian masyarakat di masa mendatang.

“Saya yakin upaya untuk mengentaskan kemiskinan di Aceh akan terwujud, jika Lembaga Keuangan Mikro dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) tumbuh pesat di seluruh pelosok,” jelasnya.

Ia mengatakan, pembiayaan kredit yang dilakukan masyarakat dan pemerintah harus dilakukan secara terintegritas, sehingga upaya untuk mensejahterakan masyarakat dapat terlaksana.

Sementara itu, Ketua Pengurus BQ Baiturrahman H M Zardan Araby mengatakan, dengan modal awal Rp16 juta sejak beroperasi, hingga saat ini pihaknya membekukan aset sebesar Rp9,8 miliar.

Disebutkannya, dengan 46 anggota, lima pengurus, tiga pengawas, empat pengelola dan 12 karyawan, pihaknya telah menghimpun simpanan Rp3,8 miliar dari 3.527 penabung dan menyalurkan Rp4,9 miliar kepada 638 peminjam yang tersebar di Banda Aceh dan Aceh Besar.

“Kami akan terus berupaya untuk memperbaiki sumber daya manusia dan manajemen serta memperluas sektor usaha dalam pembiayaan guna berkontribusi terhadap peningkatan perekonomian masyarakat di masa mendatang,” jelasnya.

http://www.news.id.finroll.com/home/archive/284624-lkm-dan-bprs-makin-dimanfaatkan-di-aceh.html

Software KJKS BMT BTM BQ UB Free Download…!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s