Target Anggota Inkopsyah 300 BMT

JAKARTA — Lembaga keuangan mikro syariah seperti BMT yang cukup tahan dari guncangan krisis ekonomi global membuat pertumbuhan lembaga tersebut cukup stabil.Seiring dengan perkembangan tersebut permodalan dan aset Induk Koperasi Syariah (Inkopsyah) pun ikut tumbuh bersamaan dengan bertambahnya sejumlah anggota baru.

Tercatat per Juni Inkopsyah memiliki modal Rp 5,3 miliar dan aset Rp 33,8 miliar. Di 2008 lalu tercatat modal Inkopsyah sebesar Rp 4,5 miliar dan aset Rp 22,3 miliar. Direktur Inkopsyah, Arisson Hendry mengatakan untuk mendorong pertumbuhan Inkopsyah pihaknya menargetkan jumlah anggota mencapai 300 BMT.

Saat ini anggota Inkopsyah sebanyak 206 BMT, di antara 30 BMT tersebut berada di Jakarta. “Salah satu strategi untuk menggaet anggota baru adalah dengan memberi pembiayaan,” kata Arisson kepada Republika, Kamis (16/7).

Rata-rata Inkopsyah memberi pembiayaan Rp 200 juta-Rp 300 juta per BMT. Untuk mencapai target 300 anggota di tahun ini Inkopsyah pun mengajukan proposal ke sejumlah lembaga keuangan, termasuk di antaranya ke UUS Bank DKI sebesar Rp 5 miliar. Dari dana UUS Bank DKI tersebut, tambah Arisson, akan dikhususkan di wilayah Jakarta sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat.

Khusus untuk Jakarta Inkopsyah menargetkan dapat menggaet 20 BMT baru untuk menjadi anggota. Selain menawarkan pembiayaan, lanjut Arisson, pihaknya juga memberi pelatihan bersama dan advokasi berbentuk konsultasi. Bersama dengan Permodalan Nasional Madani, Inkopsyah telah menyelenggarakan pelatihan di Yogyakarta dan Malang pada April lalu bagi para pelaku usaha kecil dan menengah.

Melalui langkah strategi tersebut Inkopsyah memproyeksikan modal dapat mencapai Rp 5,7 miliar di akhir tahun ini. Aset pun diproyeksikan sebesar Rp 27,9 miliar. Tercatat di semester pertama laba Inkopsyah Rp 545 juta atau 70 persen dari target Rp 776 juta hingga akhir tahun.ant/kpo

http://www.republika.co.id/berita/62770/Target_Anggota_Inkopsyah_300_BMT

Software BMT Free Download…!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s