Menggunakan Software Akuntansi Tanpa Memahami Teori Akuntansi

software keuangan terpadu

Sejumlah perusahaan yang sedang berkembang ragu-ragu untuk membeli dan mengimplementasikan software akuntansi baru karena mereka khawatir jika harus mempelajarinya secara keseluruhan agar bisa menggunakan dengan efektif. Mereka sering merasa pemahaman prinsip akuntansi mereka tidak cukup baik digunakan untuk bisa menjalankan software dengan baik.

Asumsi ini tidak seluruhnya benar. Tentu dengan memahami prinsip akuntansi akan sangat membantu dalam menggunakan software.

Bisnis apapun, baik usaha kecil atau besar bisa mendapatkan keuntungan dalam menerapkan sistem software akuntansi ini, terlepas dari pemahaman user atas prinsip akuntansi.

Tentu saja, seorang akuntan memiliki pemahaman yang mendalam atas apa yang dilakukan oleh software serta laporan yang dihasilkan. Namun penggunaan sesungguhnya dan input data tidak membutuhkan latar belakang akuntansi yang spesifik.

Kebanyakan software akuntansi akan melakukan pekerjaan inti dimana Anda membutuhkan pelatihan khusus akuntansi, maka akan lebih aman mengatakan jika pengetahuan akuntansi tidak diperlukan untuk mulai menggunakan software akuntansi.

Tidak berarti perusahaan asal menggunakan software akuntansi – tentu mereka harus tahu dasar –dasarnya agar mereka bisa menggunakan software tersebut.

Misalnya, Anda menjalankan perusahan ritel, rata-rata yang harus diketahui user adalah masalah:

– Bagaimana input tagihan

– Bagaimana merubah tagihan setelah dilakukan pembayaran

– Bagaimana mencetak dan/atau mengirim e-mail tAnda terima, tagihan, dsb.

Tidak satupun tugas diatas yang membutuhkan latar belakang akuntansi. Setiap orang dengan pengetahuan dasar bisa mengoperasikannya dan akan menjadi terlatih. Sementara tenaga dengan latar belakang akuntansi bisa melihat perubahan-perubahan yang ditunjukkan pada neraca beserta artinya. Yang perlu digarisbawahi dalam hal ini adalah end user, apakah informasi ini penting dan relevan dengan pekerjaan mereka atau tidak.

Seseorang yang memiliki pengalaman menggunakan atau pernah melihat interface software akuntansi akan segera tahu jika pengetahuan dasar akuntansi dibutuhkan untuk menggunakan sistem ini. Pada kenyataannya, ini adalah keindahan program tersebut – kemudahan digunakan oleh pengguna. Seperti Anda yang tidak perlu memahami bagaimana mesin bekerja saat mengendarai mobil, Anda juga tidak perlu tahu bagaimana kerja software akuntansi agar bisa digunakan.

Review software akuntansi biasanya fokus pada penggunaan efisiensi software daripada tugas spesifik akuntansi yang dikerjakan oleh software. Ini karena banyak pengguna yang tidak memahami tugas akuntansi yang dilakukan secara otomatis oleh software dan kenyataannya tidak perlu mereka lakukan, selama mereka memasukkan data dengan benar.

Yang terpenting adalah mayoritas software akuntansi didesain dengan tepat bagi pengguna dengan pengetahuan akuntansi yang terbatas karena dari pengguna yang demikian didapatkan keuntungan.

Nyatanya, software yang didesain untuk akuntansi profesional akan sulit bertahan di pasar. Hasilnya, semakin banyak software dipasaran dengan target pasar “pengguna rata-rata” yang sederhana, namun efektif.

Namun, jangan terjebak dengan pemikiran karena memiliki software yang baik yang mudah digunakan, maka Anda menghindari belajar akuntansi. Semakin banyak yang Anda ketahui, semakin baik Anda menggunakan software. Kuncinya adalah menyeimbangkan waktu dan usaha dengan belajar akuntansi, sehingga bisa menggunakan software dengan efektif. Juga fokus pada kegiatan yang membutuhkan banyak waktu untuk mengerjakannya, sebagai hasil meningkatnya efisiensi yang diberikan oleh software.

Anda tidak harus menjadi pembalap profesional untuk berkendara di jalan raya, tapi akan membuat Anda sebagai pengendara yang efisien. Hal yang sama, Anda tidak memerlukan pengetahuan khusus akuntansi untuk menggunakan software akuntansi, ini hanya akan menyederhanakan pekerjaan Anda.

Oleh: David Kraft

Sumber:www.EzineArticles.com

Diterjemahkan oleh: Iin – Tim Pengusahamuslim.com

Software Terpadu BMT Free Download…!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s