Petunjuk Keamanan Wireless Network

Tip-tip dan Petunjuk Keamanan Wireless Network di Rumah atau di Kantor Anda dan Guidelines Umum tentang Keamanan Jaringan.

Keamanan jaringan wireless adalah sia-sia jika jaringan yang melandasinya ternyata tidak secure – tidak aman. Adalah sangat menyenangkan dan relative mudah untuk membuat jaringan wireless dirumah kita atau dikantor, tingkat kesulitan yang boleh dibilang kecil bahkan oleh seorang yang hampir kurang faham betul masalah jaringan. Hal ini didukung adanya fitur praktis dari hampir semua piranti wireless yang ada dipasaran. Justru dibalik kemudahannya itulah banyak yang tidak menyadari potensi bahaya keamanan jaringan mengingat jaringan wireless bekerja dengan mengirimkan informasi lewat gelombang radio, hal ini akan menyebabkan wireless network menjadi sangat rentan terhadap penyusupan dibanding dengan jaringan kabel tradisional. Anda memerlukan beberapa step yang perlu anda lakukan agar bisa menjaga keamanan jaringan anda.

Berikut adalah ckecklist keamanan wireless network tentang tugas-2 yang perlu kita lakukan untuk menjaga agar jaringan kita aman dari segala serangan dan ancaman jaringan. Guideline keamanan wireless network:

#1 – Ganti default nama jaringan wireless ( SSID) Pirnati router wireless mempunyai default nama jaringan atau Service Set Identifier (SSID) yang di setting oleh pabrik pembuatnya. Ini lah nama dari jaringan wireless anda, dan pada uumnya bisa di setup dengan panjang sampai 32 karakter. Setiap produk wireless masing-2 mempunyai nama SSID sebagai default nama jaringan wireless mereka. Anda harus mengubahnya menjadi sesuatu yang unik untuk membedakan jaringan wireless anda dari jaringan wireless lainnya yang mungkin ada diskitar jaringan anda, akan tetapi jangan menggunakan informasi pribadi anda seperti nomor credit card anda, karena jika ada orang yang sedang browsing jaringan anda, mereka akan mengetahuinya. Guideline keamanan wireless network.

#2 – Ganti default password Untuk produk wireless access point dan router, anda akan diminta memasukkan password jika anda ingin melakukan konfigurasi. Piranti wireless ini mempunyai default password yang di set dari pabrik. Kebanyakan default password dari router ini adalah “admin” atau bahkan beberapa piranti mempunyai default password “password”. Ketahuilah para hacker mempunyai sekumpulan default password dari piranti wireless dan jika mereka bisa mengakses router anda, mereka akan menebak default password pertama kali. Untuk itulah anda harus mengubah default password dari pabrik ini menjadi sesuatu yang akan susah ditebak. Guideline keamanan wireless network .

#3 – aktifkan filter address MAC Beberapa wireless router mempunyai fitur untuk bisa memfilter address MAC. MAC adalah address fisik piranti wireless yang merupakan address yang ditanamkan kepada fisik piranti tersebut. Address MAC ini adalah address unik yang diberikan kepada setiap piranti jaringan. Anda bisa melakukan filter MAC address mana saja yang bisa akses ke jaringan wireless anda. Agar hanya komputer yang ada di rumah anda saja yang bisa akses, maka daftarkan saja address MAC dari komputer-2 yang ada dirumah anda, sehingga jika ada komputer lain yang bukan milik anda, maka akan access denied. Guideline keamanan wireless network.

#4 – enable enkripsi Enkripsi melindungi data yang ditransmisikan melalui jaringan wireless. Standard keamanan wireless yang paling baru dan paling kuat adalah Wi-Fi Protected Access (WPA/WPA2) yang banyak diadopsikan pada piranti wireless terbaru yang kebanyakan pada standards 802.11n atau standard 802.11g yang di enahanced dengan technology MIMO. Untuk standard enkripsi pada standard wireless 802.11b/g yang agak kuno adalah Wired Equivalent Privacy (WEP). Mereka menawarkan tingkat keamanan yang berbeda. Suatu enkripsi jaringan wireless WPA/WPA2 mempunyai tingkat enkripsi yang lebih kuat dibanding WEP dimana WPA/WPA2 menggunakan enkripsi yang bersifat dinamis – sementara WEP banyak diketemukan kelemahan oleh para ahli.

Guidelines Keamanan Jaringan secara Umum Keamanan jaringan wireless akan sia-sia jika jaringan yang melandasinya adalah tidak aman. * Password melindungi semua komputer yang ada pada jaringan dan secara individu password melindungi file-file sensitive anda * Gantilah password anda secara regular dengan password yang sangat kuat. * Install software anti-virus dan personal firewall * Disable file sharing (peer to peer). Beberapa applikasi bisa membuka file sharing tanpa sepengetahuan anda. Beberapa tambahan Tip-tip keamanan Wireless Network * Jauhkan router / access point / gateway dari tembok luar rumah anda dan juga jendela agar tidak gampang diketahui orang * Jika anda bepergian, atau malam hari dan tidak dipakai, matikan router / access point / gateway anda. * Gunakan passphrase yang kuat dan rumit agar tidak gampang ditebak, minimum 8 karakter. Kombinasikan standard karakter dan angka membentuk phrase yang tidak umum.

Dengan mengikuti tip-tip dan guidelines keamanan wireless network tersebut diatas, akan membantu anda memberikan perlindungan lebih kepada jaringan wireless anda agar tidak gampang di tembus oleh para penyusup.

http://www.sysneta.com/petunjuk-keamanan-wireless-network

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s