RCG Motori Pembentukan BMT

Sebagai lembaga yang fokus terhadap pengembangan pelaku usaha kecil, Riau Consultan Global (RCG), anak perusahaan Riau Invesment Corporation (RIC) kembali membuat terobosan. Kali ini RCG terus memelopori pembentukan lembaga keuangan mikro syariah di Riau. Dalam waktu dekat akan dibentuk Baitul Maal Wattamwil (BMT) di Pekanbaru.

Demikian diungkapkan General Manager RCG, Yurnal Edward, pada riaubisnis.com usai rapat Forum Silaturahmi dan Kerja Sama Ekonomi Islam (Fikri) di ruang rapat RIC, Kamis (4/6/2009). Dalam rapat hadir beberapa perwakilan BMT di Pekanbaru, seperti Dalek, pimpinan BMT al Amin, dan Forum Petani Kampar serta para pemerhati ekonomi Islam.

Pada pertemuan tersebut, kata Yurnal, seluruh peserta rapat menyatakan setuju untuk membentuk sebuah BMT baru yang akan dikelola dengan lebih syariah dan profesional.

“Sudah ada dua investor yang siap mendanai. Satu bergerak di bidang perdagangan dan jasa sedangkan satunya lagi adalah pengusaha sawit. Ini bentuk kepedulian mereka dalam pengembangan ekonomi Islam di Bumi Lancang Kuning,” ungkap Yurnal yang juga Ketua Fikri ini.

Yurnal menilai, BMT sangat prospek untuk tumbuh dan berkembang di Riau. Sudah ada beberapa contoh BMT yang sukses di Riau, salah satu contohnya, kata dia, adalah BMT Al-Amin yang kini sudah memiliki aset hingga Rp 2 miliar. Padahal waktu pertama didirikan modalnya cuma Rp 50 juta.

Untuk mematangkan rencananya itu, maka akan diadakan pertemuan kembali di kantor Asyifa Pekanbaru, Sabtu (6/6/2009). BMT yang akan dibentuk ini nantinya akan merambah sektor pertanian kemudian dijadikan ladang pembiayaannya. Petani sawit, perikanan dan pangan akan jadi prioritasnya.

“Kita mulai dari yang kecil-kecil dulu, kita akan buktikan eksistensinya dan tidak lupa kita akan menjalin kerja sama dengan BMT lainnya maupun perbankan syariah,” tutur Yurnal.

Pengelolaan yang lebih syariah dan profesional akan jadi ciri khas dibandingkan BMT lainnya. Untuk itu, nantinya pihak pengelola BMT akan merekrut praktisi ekonomi Islam yang mumpuni dalam mengelola lembaga keuangan mikro syariah.

“Bukan hanya memotori terbentuknya BMT, RCG juga akan membantu pengembangannya. Kita bisa bantu dalam pengelolaan manajemennya yang lebih baik dan lebih profesional,” pungkasnya.(*)

http://riaubisnis.com/index.php?option=com_content&task=view&id=3933&Itemid=127

Software BMT Free Download…!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s