Windows 7 Beta As Windows Server 2008 Virtual Private Network (VPN) Client

Dear rekan-rekan komunitas wss-id dan mugi, sejak keluarnya rilis beta Windows 7 beberapa waktu yang lalu, mendorong saya untuk sekedar ingin mencoba-coba bagaimana jadinya kalau Window 7 yang masih beta ini saya jadikan sebagai Virtual Private Network Client dari Windows Server 2008. Setelah dicoba, pada dasarnya sama saja dengan Windows Vista.

Berikut untuk sekedar berbagi info ke rekan-rekan, beberapa langkah dalam mengkonfigurasi Virtual Private Network dari mulai membangun domain controller, membangun VPN Server, dan menyediakan clientnya berupa Windows 7 beta build 7000, sehingga nantinya kita dapat menyediakan sarana koneksi ke jaringan LAN bagi remote user untuk mengakses resource jaringan internal, seperti halnya yang dapat dilakukan oleh user tersebut ketika berada di LAN.

Dalam artikel ini, kupasan tentang konfigurasi VPN yang saya bahas di sini terbatas untuk protokol PPTP dulu, sedangkan untuk protokol lainnya (L2TP dan SSTP) mungkin akan saya bahas di artikel lainnya nanti, atau barangkali rekan-rekan juga ada yang berminat mencoba dan kita bisa share pengalaman ngoprek di portal ini.

Secara umum, skenario ngoprek yang saya lakukan seperti pada gambar berikut.

VPN Configuration scenario

Pada komputer domain controller, kita harus menyediakan satu domain user account dengan seting properti dari tab Dial-in-nya di set Allow untuk koneksi RRAS. yang nantinya akan kita gunakan untuk menguji koneksi VPN dari komputer Windows 7.

Lalu lakukan konfigurasi sedemikian rupa pada komputer Server VPN, dalam hal ini VPNSRV, berikan 2 alamat IP pada dua kartu jaringannya, masing-masing di-rename menjadi Private dan Public. Private mewakili alamat ke jaringan internal (LAN), sedangkan Public mewakili alamat network yang terkoneksi ke internet. Perlu diingat, alamat ini dalam best practice-nya merupakan alamat IP public, yang dapat diperoleh dari ISP yang menyediakan layanan koneksi internet dedicated line/leased line.

Kemudian setelah instalasi komponen RRAS dengan menambahkan role yang sesuai, konfigurasi Server VPN ini sebagai VPN server, konfigurasinya dapat dilakukan secara wizard, ataupun secara manual, bergantung selera aja.

VPN Configuration6

VPN Configuration7

VPN Configuration8

Pastikan untuk VPN Connection, arahkan interface network card-nya ke arah network card yang mengarah ke ISP.

Pada seting konfigurasi Server VPN, pada IP Address Asigment, kita menggunakan pilihan From a specified range of addresses, untuk address pool saya gunakan pilihan static address pool,  seperti pada gambar berikut.

VPN Configuration12

Kemudian pada komputer client, yang menjalankan Windows 7, buka Control Panel, kemudian pada bagian Network and Internet, klik Network and sharing center, dan kemudian klik Set up a new connection or network .

clip_image002

clip_image002[5]

clip_image002[7]

clip_image002[9]

Kemudian pilih I’ll set up an internet connection later, lalu isikan alamat Internet dan berikan nama koneksi VPN-nya sebagai berikut.

clip_image002[13]

Kemudian pada bagian Type your user name and password, selanjutnya, isikan user account domain administrator dan passwordnya seperti pada gambar berikut ini.

clip_image002[15]

clip_image002[17]

Beri nama vpn connection ini sebagai Koneksi VPN.

clip_image002[19]

Untuk mencoba melakukan koneksi, dar Network and Sharing Center, klik Connect to a network beberapa saat kemudian, muncul panel baru di sisi kanannya menampilkan nama dari Virtual Private Connection yang sebelumnya telah kita buat, yaitu Koneksi VPN, lalu klik Koneksi VPN, dan muncul tombol Connect. Klik tombol ini untuk memproses koneksi VPN ke VPNSRV.

Pastikan pada properties dari koneksi VPN, untuk alamat VPN Server di set dengan tepat.

Pada tab Security, pada Type of VPN, Anda dapat memilih secara spesifik Point to Point Tunneling Protocol (PPTP) sebagai tipe VPNnya. Pada artikel ini, saya batasi pembahasan hanya untuk protokol PPTP dulu, jika ada waktu saya akan tuliskan kembali untuk jenis protokol lainnya, yaitu untuk tipe VPN dengan protokol L2TP dan SSTP.

clip_image002[29]

clip_image002[21]

Mengisikan account domain administrator untuk menguji koneksi VPN.

clip_image002[23]

Barulah kemudian Anda klik tombol Connect pada Koneksi VPN. Tunggu beberapa saat akan muncul  proses koneksi yang terjadi sebagai berikut.

clip_image002[35]

Hingga tampak pada Koneksi VPN, status Connected seperti pada gambar berikut ini.

clip_image008

Anda dapat memerika hasil perolehan alamat IP dari koneksi VPN dengan menggunakan perintah ipconfig dari command line di Windows 7 sebagai berikut.

clip_image010

Pada gambar berikut, Anda dapat melihat perolehan alamat IP dari VPNSRV, tiap kali Anda membuka koneksi baru, kemungkinan Anda mendapat alamat IP yang berbeda, sesuai dengan nilai jangkauan alamat IP yang Anda set untuk client VPN ini.

clip_image014

Kita bisa menggunakan account domain administrator untuk menguji koneksi VPN, sebelum kita gunakan user account biasa untuk mengakses resource berupa shared folder yang sebelumnya pada langkah awal telah kita sediakan.

clip_image002[41]

Setelah selesai, putus/disconnect koneksi VPN, kembali pada Network Connection, klik ganda Koneksi VPN.

Saatnya kita menggunakan sebuah domain user account non administrators member untuk mengakses resource jaringan, sebelumnya kita harus menyediakan acount seperti ini dengan seting propertiesnya, pada tab Dial-in, di set Allow untuk koneksi ke RRAS.

koneksi2

Setelah sukses melakukan koneksi dengan VPN, dari komputer client, klik Start dan isikan alamat IP dari DC01 dengan nama shared foldernya .

koneksi3

Akses ke resource jaringan berupa sebuah shared folder dengan file text di dalamnya seperti tampak pada gambar berikut.

koneksi4

Demikianlah tulisan sederhana ini, semoga dapat bermanfaat.


Posted Jan 23 2009, 10:37 AM by bobby iskandar zulkarnain

http://mugi.or.id/blogs/bobby/archive/2009/01/23/Windows_2D00_7_2D00_Beta_2D00_As_2D00_Windows_2D00_Server_2D00_2008_2D00_Virtual_2D00_Private_2D00_Network_2D002800_VPN_29002D00_Client.aspx

Software BMT Free Download…!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s