Proses Bagi Hasil Tabungan BMT Pola Syariah

Sebelum BMT menggunakan Software BMT PAK – Kopsyak, pembagian bagi hasil untuk penabung pada Lembaga Keuangan BMT sangat lambat. Hal ini terlihat dari tanggal pembagian bagi hasil tabungan atau bagi hasil simpanan antara tanggal 10 s/d tanggal 15 setiap bulan. Hal ini disebabkan karena semakin bertambahnya jumlah penabung sehingga data-data yang dimasukkan ke komputer untuk mendapatkan perhitungan bagi hasil secara manual semakin banyak, sehingga diperlukan kerja yang ektra dan kadang-kadang harus di bawa pulang ke rumah. Hal ini sangat membebani pengelola BMT.

Dengan bantuan software BMT PAK Kopsyah. Hal tersebut di atas dapat diatasi, karena pada akhir bulan setelah proses bagi hasil penabung dilakukan, maka bagi hasil tersebut sudah terdistribusi secara otomatis ke penabung masing-masing, sehingga pada tanggal 1 bagi hasil tersebut sudah dapat di lihat pada rekening penabung masing-masing.

Adapun bagi hasil penabung berdasarkan pada fomulasi “SALDO RATA – RATA HARIAN“, sehingga aspek keadilan lebih diutamakan. Penabung yang aktif akan terlihat dari saldo rata-rata harian nya dan bukan pada posisi saldo akhir nya.

Adapun Formulasi tersebut adalah sebagai berikut:

Akumulasi Saldo Rata-Rata Harian =

( Tanggal transaksi(1) – Tanggal Transaksi(0) ) x Saldo Pada Tanggal1 Setoran/Tarikan +
( Tanggal transaksi(2) – Tanggal Transaksi(1) ) x Saldo Pada Tanggal2 Setoran/Tarikan +
( Tanggal transaksi(3) – Tanggal Transaksi(2) ) x Saldo Pada Tanggal3 Setoran/Tarikan +
( Tanggal transaksi(n) – Tanggal Transaksi(n-1) ) x Saldo Pada Tanggal(n) Setoran/Tarikan

Saldo Rata-rata Harian = Akumulasi Saldo Rata-rata Harian / ( Tanggal Akhir Transaksi – Tanggal Awal Transaksi )

Sehingga formulasi di atas jika dilakukan secara manual maka akan memerlukan waktu yang banyak apalagi jika nasabah penabung semakin lama akan semakin banyak. Semakin banyak penabung Lembaga Keuangan BMT akan semakin berkembang dan semakin besar asetnya, sehingga hal yang harus dilakukan adalah dengan menggunakan Software BMT PAK – Kopsyah akan dapat menjawab permasalah pembagian bagi hasil di atas.

Software BMT Free Download…!

About these ads

2 thoughts on “Proses Bagi Hasil Tabungan BMT Pola Syariah

  1. Maaf Sebelumnya pa,saya sekarang sedang tugas akhir,ambil judul pembuatan program tabungan pada BMT dengan prinsip akad wadiah,tapi saya agak bingung kalau menggunakan sandi transaksi,,dan penghitungan bagi hasil,kira2 normalisasinya gimana ya??mohon bantuannya
    BSP:Jika jenis simpanan nya cuma satu yaitu wadiah, maka buat saja satu form untuk menghandle setoran dan tarikan dana nya… untuk bagi hasil nya agak rumit, karena saldo nya merupakan saldo rata-rata harian….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s