Meload Aplikasi Java

a.Cara buat jar manual : ( file aplikasi )

1. Buat file dengan ekstensi .txt terlebih dahulu yang isinya seperti ini :
Code:
Main-Class : Utama
Manifest-Version: 1.0
Sun menyarankan agar isi file manifest diberikan baris kosong di baris yang paling bawah. Simpan dengan nama misalnya mymanifest.txt
2. Kumpulkan/jadikan satu folder file mymanifest.txt dengan class program kamu, misalnya di sini adalah Utama.class
3. Ketik option dibawah ini :
Code:
jar cvmf MyJar.jar mymanifest.txt Utama.class
keterangan :
Myjar.jar ==> nama file jar yang kita buat
mymanifest.txt ==> nama file manifest yang telah kita buat
Utama.class ==> file hasil dari file java yang telah kita compileJadi yang dimasukkan itu bukan file.java-nya tapi justru file yang ekstensinya .class, dengan begini source program kita dapat aman dari tangan2 jahil.
Untuk option Utama.class di atas dapat kita ganti dengan option *.class yang artinya Java akan otomatis mencari semua file yang berekstensi .class pada folder tersebut.
Nanti di jendela console akan tampil penjelasan file yang disatukan dalam satu jar, yach pesan adding : Utama.class bla..blaa .Udach jadi dech, tinggal kita double click file .jar-nya nanti aplikasi langsung dijalankan.

Beberapa masalah mengapa .jar tidak berjalan sebagaimana mestinya :
1. Bila kita double click file .jar kita yang keluar malah isi dari file jar itu(biasanya diopen oleh winrar, winzip, atau Nokia player). Nach di sini bukan berarti ada kesalahan pada pembuatan file jar, tapi program pembuka defaultnya aja yang salah, tinggal kita ganti aja. Klik kanan properties di file jar-nya dan ganti open with-nya dengan javaw.exe yang berada di folder bin tempat kita menginstall java.

2. Ada pesan peringatan “can not found main class nama_file.class” ini berarti ada dua kemungkinan kesalahan. Yang pertama kesalahan yang berada pada file manifest.txt kita di bagian Main-Class. Main-Class adalah class utama tempat Main Method program kita berada(yang public static void main itu loh).
Nach yang kedua adalah kita lupa men-setting classpath yang mengarah ke file jar yang baru saja kita buat. Langsung dech kita setting classpath-nya agar mengarah ke file jar buatan kita sendiri.

Saya rasa ini dulu yang bisa saya jelaskan. sumber yang lebih jelas dapat kita pelajari di tutorial sun microsystem :

http://java.sun.com/docs/books/tutorial/deployment/index.html

Bila udach terbiasa kita dapat menggunakan option2 yang lainnya. Atau bisa juga kita menyatukan beberapa jar dalam satu jar. Ini berguna sekali dalam aplikasi yang menggunakan 3rd party seperti program database yang memerlukan file jdbc driver.

Atau lebih enak lagi menggunakan Java Web Start, dengan ekstensi jnlp maka program desktop kita dapat dijalankan melalui browser. Keren dech, dan biasanya sun microsystem menggunakan ini dalam menjalankan aplikasi2 demo di tutorial2 online yang diberikan.

2.Cara buat bat manual : ( file aplikasi )
Untuk yang .bat lebih gampang lagi, kekurangannya jelas banget dia tidak dapat dijalankan di sistem operasi selain windows, juga tidak dapat dijalankan di atas browser. Namun bila kita memang hanya membuat aplikasi yang hanya berjalan di win, yach lebih enak pake .bat ini. Caranya mudah sekali, saya juga taunya dari om Cimot nich sekitar setengah tahun yang lalu.

Cara membuat launcher dengan .bat :
1. Buat file dari notepad dengan isi sebagai berikut :
Code:
java Utama
dengan asumsi bahwa file .bat ini berada pada satu folder dengan Utama.class
Atau seperti ini :
Code:
java aplikasi.Utama
kalo yang ini berarti Utama.class berada dalam folder aplikasi, sedangkan file.batnya berada di luar folder aplikasi tersebut.

2. Simpan file .bat ini dengan nama apa saja sesuai dengan kemauan kamu, misalnya launcher.bat, ingat bila di dibuat dengan notepad kita wajib mengetikkan ekstensinya yaitu .bat
jadi saat menyimpan di bagian file name kita ketikkan launcher.bat dan di bagian save as type kita pilih “All Files”. Kalo tidak seperti ini file .bat gak akan jadi karena akan menjadi file.txt

Udach cuma gitu aja, tinggal double click file .bat-nya maka sim salabim, aplikasi kita dach jalan.

3.Cara buat jar dengan Jar Maker : ( file aplikasi )

download di:
http://www.goldenstudios.or.id/forum/sho…9#pid11849

instruksi pemakaian ada disini:
http://www.goldenstudios.or.id/forum/sho…p?tid=1131
emang sih instruksinya masi pakai Jar Maker versi lama gambar2nya.. tapi pada prinsipnya sama kok.
oh yah kalo pake JarMaker.. pas klik tombol Add Template.. ada Class-Path yg harus diisi, nah kalo om gakpake 3rd party library (contohnya spt GTGE, MySQL driver , dll) Class-Path itu hapus aja.. jadi cuma tinggal contohnya:
Main-Class: Utama

http://www.goldenstudios.or.id/forum/showthread.php?tid=1263

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s